Jumat, 21 Juli 2017

Pengalaman Mengikuti Seleksi Beasiswa Community College Initiative Program (CCIP) 2017-2018


First Class at Mesa Community College (MCC)
photo credit to Mr. Paul Patterson, MCC Program Coordinator.

Puji Tuhan, Syallom!

Jika engkau berada di bawah menengadalah ke atas dan jika engkau berada di atas menengoklah ke bawah.

Hanya tinggal kenangan dan sangatlah disayangkan jika penulis tidak berbagi cerita "Community College Initiative Program (CCIP) 2017-2018" ini kepada sahabat-sahabat Scholarship Hunters (SH)  yang ingin mengeksplor dan menganyam ilmu lebih dalam di "Benua Merah" atau lebih dikenal dengan julukan negeri Paman Sam ini. Sekilas tentang penulis, penulis adalah salah satu CCIP Grantee dari Jayapura, Papua didanai oleh PT Freeport melalui AMINEF. Program yang penulis ikuti adalah program pertukaran pelajar (Exchange Students) yaitu Community College Initiative Program atau disingkat dengan CCIP yang di dalam negeri dikelola oleh American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF).
Sekilas penulis akan menjabarkan singkat mengenai program ini. CCI Program menyediakan program akademik non-gelar berkualitas di perguruan tinggi masyarakat Amerika Serikat yang ditujukan untuk membangun keterampilan teknis, meningkatkan kemampuan kepemimpinan, dan memperkuat kemampuan bahasa Inggris. Program ini juga memberikan kesempatan untuk magang profesional, layanan pembelajaran, dan kegiatan keterlibatan masyarakat. Peserta menghabiskan hampir satu tahun akademik di Amerika Serikat dan bisa mendapatkan sertifikat di bidang studi mereka. Kemudian, setelah menyelesaikan program ini, para peserta diwajibkan pulang ke home country masing-masing dengan  keterampilan dan keahlian baru untuk membantu mereka berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan pembangunan negara mereka.
CCI Program merupakan program beasiswa yang disponsori oleh Bureau of Educational and Cultural Affairs, Department of State. Untuk kalian yang mendaftar program ini dari wilayah Papua, program ini merupakan inisiatif khusus yang didanai oleh PT. Freeport Indonesia yang memungkinkan sejumlah kandidat dari provinsi Papua dan Papua Barat setiap tahun untuk menjadi kandidat di CCIP.
Program Community College Initiative Program ini dikelola oleh Northern Virginia Community College (NOVA) atas nama Community College Consortium (CCC). 10 Community College Consortium yang tergabung di dalamnya antara lain adalah Northern Virginia Community College Alexandria Campus and Northern Virginia Community College Annandale Campus  in Virginia, Bunker Hill Community College in Boston, The College of DuPage in Chicago, Valencia Community College in Orlando, Houston Community College in Houston, Kirkwood Community College in Cedar Rapids, Mesa Community College in Phoenix, Northampton Community College in Bethlehem and Scottsdale Community College in Phoenix.

Dalam beberapa tahun belakangan, ada beberapa bidang studi yang ditawarkan oleh program ini di antaranya:
1. Agriculture - Pertanian
2. Applied Engineering - Teknik
3. Business Management and Administration - Bisnis Manajemen dan Administrasi
4. Early Childhood Education - Pendidikan Anak Usia Dini/ PAUD
5. Information Technology (IT) - Teknik Informatika
6. Media - Media
7. Public Safety - Keamanan Publik
8. Tourism and Hospitality Management - Manajemen Pariwisata dan Perhotelan

Bagi kalian yang berminat dalam setiap program di atas, minimal sahabat SH punya pengalaman bekerja setahun di bidang tersebut. Contoh penulis mengambil Bisnis Manajemen dan Administrasi, spesifik area pada "Nonprofit Leadership and Administration" karena tempat dimana penulis bekerja  merupakan sebuah yayasan nirlaba dan penulis bekerja kurang lebih 2 tahun.

Ada beberapa tahap yang penulis lewati sebelum mendapat email akhir (kurang lebih 8 bulan) sebagai kandidat terpilih atau selected candidate CCIP 2017-2018 berdasarkan pengalaman penulis. Tahap-tahap tersebut diantaranya adalah:

No.
Tanggal
Kegiatan
Keterangan
1.
November 1 – 25 November 2016
Pendaftaran & Pengiriman Berkas hard copy
Berkas di kirim ke alamat kantor AMINEF
2.
Desember 15, 2016
Pengumuman mengikuti Interview test & ITP TOEFL test
Email
3.
Januari 15, 2017
Pelakasanaan Interview test & ITP TOEFL test
Rimba Papua Hotel, Timika
4.
Februari 2 – 14 Februari 2017
Kelengkapan Berkas (Passport, Ijazah, Transcript, dll.)
Scan dan kirim soft copy juga hard copy
5.
April 26 – Mei 8 2017
Medical Check Up (MCU)

RSUD  Jayapura
6.
Mei 2, 2017
Selected for Nomination

Email
7.
May 10, 2017
Selected Candidate & PDO Notification
Email
8.
Mei 21 – 25 Mei 2017
Pre Departure Orientation (PDO)

Bogor
9.
Mei 26, 2017
Visa Interview
U.S. Embassy

10.
Juni 12, 2017
Prosedur Pembelian Tiket International

Email ke Pak              
11.
Juli 3, 2017
Tiket telah terbooking

Email dari Pak              
12.
Juli 14 – 15 Juli 2017
Keberangkatan Jayapura – Jakarta –Hong Kong – Los Angeles - Phoenix
20 jam perjalanan


1. Melengkapi persyaratan (Seleksi Berkas)
Biasanya pendaftaran dibuka sekitar bulan Oktober dan deadlinenya bulan November. Saran agar sahabat SH boleh terus memantau situs AMINEF-CCIP untuk mengupdate informasi dimaksud. Hal-hal yang diminta untuk dilengkapi pada umunya ialah:
  • Melengkapi formulir aplikasi. Download Formulir Aplikasi Di Sini!
  • Fotokopi skor TOEFL terbaru (2 tahun terakhir).
  • Fotokopi Ijazah dan transkrip SMA/SMK/MA disertai terjemahan dalam bahasa Inggris. Dapat dilakukan pada jasa penerjemah tersumpah di kota anda. Informasi Penerjemahan.
  • Fotokopi Ijazah D1/D2/D3/S1* beserta terjemahan dalam bahasa Inggris. *Jika ada.
  • Fotokopi dokumen identitas (KTP atau Passport*). *Jika ada.
  • ·        Surat Keterangan Bekerja dari Pimpinan/ Supervisor/ Kepala Kantor dalam Bahasa Indonesia.

    Untuk informasi lebih lanjut tentang syarat dan ketentuan lainnya, sahabat SH dapat membacanya lebih detail dalam formulir aplikasi (Application Form). Jika ada pertanyaan mengenai pengisian application, essay, dan sebagainya, silahkan bertanya.
2. Pengumuman Interview Test and ITP TOEFL Test
Sejauh ini jedah waktu untuk menunggu hasil seleksi berkas kurang lebih sebulan. Jika lolos dari tahap seleksi berkas, sahabat SH akan mendapatkan email yang berisi tentang Interview Test and ITP TOEFL Test. Untuk sahabat SH di wilayah Sumatera, Kalimantan, Jawa, NTT, NTB, Sulawesi, Maluku dan sekitarnya, sahabat akan diundang oleh pengelola beasiswa untuk mengikuti test di kantor pusat AMINEF Jakarta pada alamat ini. Untuk wilayah Papua dan Papua Barat, sahabat akan diundang untuk mengikuti test di Rimba Papua Hotel, Timika, Papua. Penulis menerima email pada tanggal 15 Desember 2016 dari Scholarship Team PT. Freeport Indonesia yang berisi tentang jadwal kegiatan dimaksud.
Jangan khawatir karena tiket Pulang-Pergi dan akomodasi tempat tinggal akan ditanggung oleh pengelola beasiswa. Jika AMINEF meminta sahabat SH untuk membeli sendiri maka AMINEF akan mengganti biaya pengeluaran yang sahabat gunakan sesuai prosedur AMINEF (Reimbursement).

3.  Interview Test and ITP TOEFL Test
Karena penulis mendaftar dari wilayah Papua, maka test dilaksanakan di Rimba Papua Hotel, Timika. Pada tanggal 15 Januari 2017, penulis berangkat dari Jayapura bersama beberapa teman yang juga lolos seleksi berkas; satu hari lebih awal dari pelaksanaan test. Keesokan harinya, 16 Januari, penulis dan beberapa teman yang lainnya mengikuti test. Jadwal test terbagi dalam 2 sesi. Hari pertama adalah ITP TOEFL test dan hari kedua adalah Interview test. Beberapa teman-teman yang mengikuti test ini juga adalah karyawan PT. Freeport Indonesia. Jadi kami saling bertukar hari dalam pelaksanaan test.

4. Melengkapi Berkas-Berkas
Seminggu setelah test, tanggal 23 Januari, 2017, penulis menerima email dari AMINEF agar melengkapi dokumen setelah interview (Document Completion After Interview). Dokumen yang diminta untuk dilengkapi adalah Questionnaire dan short bio sketch dimana sahabat SH menceritakan tentang diri sahabat. (Format oleh panitia).

Sambil menunggu hasil seleksi wawancara, panitia seleksi juga mengirim email dan meminta penulis untuk melengkapi dan mengirim berkas aplikasi beasiswa program Community College Initiative dalam bentuk softcopy dan hardcopy. Softcopy application form CCIP menggunakan form terbaru dan harus diisi kembali, diketik bukan ditulis tangan. Berkas-berkas yang diminta yaitu:

Highlight hijau merupakan informasi yang penulis copy dari email yang penulis dapat.

FORMULIR APLIKASI, IJASAH DAN TRANSCRIP AKADEMIK: 
Bagi Lulusan D1/D2/D3/S1 :
  • Softcopy dan hardcopy ijazah D1/D2/D3/S1 versi bahasa Indonesia yang dilegalisir asli oleh Universitas (boleh scan yang aslinya saja untuk versi softcopy). 
  • Softcopy dan hardcopy ijazah D1/D2/D3/S1 versi bahasa Inggris yang dilegalisir asli oleh Universitas atau jasa penerjemah tersumpah (sworn translator). 
  • Softcopy dan hardcopy transkrip D1/D2/D3/S1 versi bahasa Indonesia yang dilegalisir asli oleh Universitas (boleh scan yang aslinya saja untuk versi softcopy). 
  • Softcopy dan hardcopy transkrip D1/D2/D3/S1 versi bahasa Inggris yang dilegalisir asli oleh Universitas atau jasa penerjemah tersumpah (sworn translator).  
  • Softcopy dan hardcopy Ijazah SMA versi Bahasa Indonesia yang dilegalisir asli oleh sekolah (boleh scan yang aslinya saja untuk versi softcopy). 
  • Softcopy dan hardcopy Ijazah SMA versi Bahasa Inggris yang dilegalisir asli oleh sekolah atau jasa penerjemah tersumpah (sworn translator) 
  • Softcopy dan hardcopy Transkrip nilai SMA (SKHUN/DANEM) versi bahasa Indonesia yang dilegalisir asli oleh sekolah (boleh scan yang aslinya saja untuk versi softcopy). 
  • Softcopy dan hardcopy Transkrip nilai SMA (SKHUN/DANEM) versi bahasa Inggris yang dilegalisir asli oleh sekolah atau jasa penerjemah tersumpah (sworn translator)
 Untuk Lulusan SMA/SMK :
  • Softcopy dan hardcopy Ijazah SMA versi Bahasa Indonesia yang dilegalisir asli oleh sekolah (boleh scan yang aslinya saja untuk versi softcopy). 
  • Softcopy dan hardcopy Ijazah SMA versi Bahasa Inggris yang dilegalisir asli oleh sekolah atau jasa penerjemah tersumpah (sworn translator) 
  • Softcopy dan hardcopy Transkrip nilai SMA (SKHUN/DANEM) versi bahasa Indonesia yang dilegalisir asli oleh sekolah (boleh scan yang aslinya saja untuk versi softcopy). 
  • Softcopy dan hardcopy Transkrip nilai SMA (SKHUN/DANEM) versi bahasa Inggris yang dilegalisir asli oleh sekolah atau jasa penerjemah tersumpah (sworn translator)
Untuk informasi mengenai penerjemahan atau translate ijazah/ transkrip nilai; untuk daerah Jayapura, Biak dan Papua sekitarnya, silahkan dibawa dan ditranslate di UPT Bahasa Uncen. Untuk informasi lebih lanjut silahkan klik di sini. Untuk biaya translate kira-kira seharga Rp. 80.000,- s/d Rp. 100.000,- per halaman/lembarnya.

PASSPORT DATAPAGE:  
Kirimkan scanned kopi dari halaman pertama sampai halaman ke-empat passport anda, termasuk halaman yang berfoto. Sebagai catatan, passport anda harus masih berlaku sampai dengan Januari 2019. Bagi yang belum memiliki paspor, silakan mengurus pembuatan paspor segera. Jika anda telah memiliki paspor namun masa berlakunya akan habis sebelum Januari 2019, silakan perbaharui paspor anda.
AMINEF akan mengganti biaya pembuatan paspor sesuai dengan ongkos resmi pembuatan passport yang dikeluarkan oleh pemerintah yaitu +/- Rp. 355,000,- yang  dibuktikan dengan kuitansi resmi dari kantor imigrasi. Silahkan simpan kuitansi/bukti pembayaran asli dan dikirimkan ke AMINEF untuk proses penggantian dana (reimbursement). 
Prosedur pengiriman setiap file ditentukan oleh panitia dan untuk tanggal deadline  pengirimanpun ditentukan oleh mereka. Untuk pengiriman softcopy melalui email, panitia memberi batas hanya seminggu semenjak email diterima, sedangkan untuk hardcopy melalui via jasa pengiriman (JNE/ TIKI/ Kantor Pos, dll.), panitia memberi waktu 2 minggu untuk dikirim kembali ke kantor AMINEF Jakarta.

Untuk pembuatan paspor, dapat dilakukan di kantor imigrasi dimana sahabat berasal. Pastikan nama dan tempat tanggal lahir yang tertera pada Akte Kelahiran atau Ijazah, KTP, Kartu Keluarga, persis sama dan tidak ada perbedaan sedikitpun. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, sahabat SH dapat mengunjungi website ini. Direktorat Jendral Imigrasi.


5. Medical Check Up (MCU)
 Highlight hijau merupakan informasi yang penulis copy dari email yang penulis dapat.

Yth Kandidat:
Untuk melengkapi nominasi anda dalam Community College Initiative Program, anda diminta untuk mengirimkan Medical Form yang telah dilengkapi sesuai dengan format terlampir. Mohon kirimkan softcopy dalam bentuk pdf dari dokumen tersebut ke AMINEF dengan ketentuan sebagai berikut:

Begitulah sebagian dari isi email yang dikirim oleh AMINEF pada tanggal 26 April 2017 kepada penulis yang membuat penulis menunggu dengan penuh harap dan cemas. Namun ada beberapa teman-teman lain yang menerima email Selected for Nomination dan kemudian diminta untuk melakukan Medical Check Up. Pasalnya, kalau sudah menerima email ini artinya sahabat semakin dekat dan tinggal merapat ke tahap akhir yakni sebagai kandidat terpilih.
Untuk tahap Medical Check Up, penulis akan menjabarkan beberapa hal yang harus dilakukan pada tahap ini. Sebelum mengisi form MCU sebaiknya digoogle dulu apa saja yang perlu dilakukan dalam MCU. Silahkan melakukannya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di tempat sahabat berasal. Sahabat dapat melakukannya di Rumah Sakit Swasta, Klinik atau Praktek Dokter akan tetapi biayanya kemungkinan lebih mahal dibandingkan RSUD. Berdasarkan pengalaman penulis, penulis melakukan test kesehatan di RSUD Jayapura Dok II, tahap-tahap MCU yang dilakukan meliputi :
  • Laboratorium guna melakukan Test Darah Lengkap meliputi DDR dan urine. Jangan ambil test secara keseluruhan, ambil test darah lengkap normal. Jika test darah lengkap keseluruhan, biasanya mahal berkisar Rp. 350.000,-. Biasanya hasilnya diambil dalam 1-2 hari.
  • Radiologi.  Penulis melakukan Chest X-Ray. Chest X-Ray dilakukan untuk mengevaluasi paru-paru, jantung, dan dinding dada. Seseorang dilakukan pemeriksaan chest x-ray untuk mendiagnosa gejala seperti : sesak nafas, batuk berat, batuk yang terus menerus, nyeri dada atau cidera, demam, dll.
  • Polik Paru. Membawa hasil Chest X-Ray guna pemeriksaan paru-paru. Karena dalam form MCU diharuskan mengambil Tes Mantoux maka penulis diarahkan ke Polik Suntik untuk melakukan test dimaksud. Hasil test mantoux dilihat setelah 48-72 jam. Dan penulis kembali ke polik paru agar dokter paru membaca hasilnya.
  • Polik Jiwa untuk melakukan test psikologi. Tempat lain yang sahabat bisa lakukan juga ialah di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) setempat.
  • Polik Mata. Khusus sahabat yang menggunakan kaca mata. Baiknya diduplikat untuk cadangan karena ongkos pemeriksaan mata dan pembuatan kaca mata baru sangatlah mahal. Penulis tidak memakai kaca mata.
  • Polik Telinga Hidung Tenggorokan (THT).
  • Polik Saraf.
  • Polik Bedah Ortopedi.
  • Polik Gigi. Untuk sahabat yang bermasalah dengan gigi (sakit gigi atau gusi), baiknya mengambil test ini karena sahabat akan berada di US selama kurang lebih setahun dan mengingat ongkos untuk pemeriksaan gigi di US sangatlah mahal. Penulis tidak mengambil test ini.
  • Polik Kulit dan Kelamin.
  • Polik Jantung guna melakukan rekam jantung.
  • Polik Penyakit Dalam merupakan polik terakhir yang penulis datangi dimana setelah melakukan semua test di atas, dokter spesialis penyakit dalam akan membaca semua hasilnya dan mengisi form MCU dimana terdapat halaman-halaman yang hanya diisi oleh dokter atau ahli medis (dalam bahasa Inggris). Halaman lainnya adalah bersangkutan dengan penulis sehingga penulis mengisinya sendiri.
Untuk MCU boleh diambil secara random. Tahap di atas menulis tulis sesuai pengalaman penulis, hanya tahap tidak boleh diubah. Dan di akhir dari semua test ini, jangan lupa untuk pergi dan meminta cap basah Rumah Sakit atau Klinik dimana sahabat melakukan test. Cap ditempel pada lembar akhir form dimana terdapat tanda tangan dokter.

Berikutnya penulis harus mengambil vaksin. Lengkapi semua imunisasi yang tercantum dalam form yaitu: MMR, DPT dan Polio. Mohon scan dan lampirkan bukti pengambilan vaksinasi dalam halaman-halaman terakhir medical form sahabat. Bukti vaksinasi dapat berupa buku kuning WHO/buku imunisasi/surat keterangan dokter.
·         Vaksinasi Polio: Sahabat harus melengkapi tiga dosis vaksin polio.  Vaksinasi Polio biasanya telah diberikan saat sahabat kecil. Jika sahabat lupa tanggal pasti vaksinasi polio, silahkan tulis bulan dan tahunnya saja. Jika pada saat kecil sahabat belum melengkapi tiga dosis, silahkan mengambil satu (1) atau dua (2) dosis selanjutnya.
·         Vaksinasi DPT : Sahabat harus melengkapi tiga dosis vaksin DPT dan vaksinasi terakhir harus diambil dalam waktu 10 tahun terakhir. DPT pertama telah diberikan saat sahabat lahir. Silahkan mengambil dua (2) dosis selanjutnya.
·         Vaksinasi MMR : Sahabat harus melengkapi dua dosis vaksin MMR. Jika sahabat belum pernah mengambilnya, silahkan mengambil dua dosis vaksin MMR dengan jarak minimum satu bulan antara satu vaksin dengan vaksin selanjutnya. Sahabat harus mengambil vaksinasi MMR (Measles, Mumps dan Rubella) sebagai satu vaksin, bukan vaksinasi terpisah. Silahkan tulis tanggal vaksinasi MMR sahabat di kolom MMR (bukan di kolom terpisah untuk masing-masing Measles, Mumps dan Rubella).

Tanyakan kepada orang tua/ wali apakah mereka masih menyimpan buku imunisasi sahabat atau lebih dikenal dengan Kartu Menuju Sehat (KMS). Sangatlah bagus jika mereka masih menyimpannya karena dapat menjadi patokan buat sahabat untuk mengisi form dimaksud khususnya imunisasi polio dan DPT. Jika tidak ada atau hilang, maka sahabat dapat bertanya kepada orang tua atau kader Posyandu tempat dimana saudara mengambil imunisasi sewaktu kecil. Posyandu biasa terhubung dengan Puskesmas di suatu kecamatan atau kelurahan. Pengalaman penulis, KMS penulis hilang sehingga penulis diarahkan oleh kader Posyandu yang memberi penulis imunisasi dan mengarahkan ke Puskesmas untuk memberikan surat keterangan bahwa penulis telah diimunisasi dasar secara lengkap (Polio 1,2,3,4; DPT) Berikutnya tinggal melakukan DPT dan MMR. Untuk MMR vaksin dibutuhkan jedah waktu 28 hari terhitung sejak pengambilan vaksin MMR pertama. Biasanya panitia sudah memperhitungkan waktu jedah waktu. Perlu diingat juga bahwa MCU sangat mempengaruhi hasil seleksi karena ini mengenai kesehatan sahabat selama belajar di AS. Harus dilengkapi sebelum tanggal deadline. Khusus vaksin MMR dan DPT (biasanya sulit di dapat di kota-kota kecil), jika sahabat tidak menemukannya di kota sahabat dan tidak dapat mengambilnya tepat waktu, harap sahabat mengirim email atau menghubungi panitia untuk memberitahukan hal tersebut sebelum tanggal deadline.

6. Email Selected for Nomination

Highlight hijau merupakan informasi yang penulis copy dari email yang penulis dapat.

Jakarta, May 2, 2017

Mr. Robertho Yohanis Monim

Yayasan Pelayanan Antar Budaya (YPA) Papua
Jayapura

 Dear Mr. Monim

I am pleased to inform you that you have been nominated for the 2017 Community College Initiative Program by the American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) Board to pursue a professional enhancement program in the United States for one academic year. However, it is important to note that the final selection for this program will be made in Washington, D.C. and is also contingent upon the amount of scholarship funds available for the 2017 program.

Setelah setelah melengkapi MCU, penulis menerima sebuah email yang bersubject Selected for Nomination. Namun ada beberapa teman-teman lain yang menerima email Selected for Nomination dan kemudian diminta untuk melakukan Medical Check Up. Pasalnya, kalau sudah menerima email ini artinya sahabat semakin dekat dan tinggal merapat ke tahap akhir yakni sebagai kandidat terpilih.

7. Selected for Candidate

Highlight hijau merupakan informasi yang penulis copy dari email yang penulis dapat.

May 1o, 2017

Mr. Robertho Yohanis Monim
Yayasan Pelayanan Antarbudaya (YPA) Papua
Jayapura
 Dear Mr. Monim,
I am pleased to inform you that you have been officially selected to participate in Community College Initiative Program in the United States commencing with the Fall 2017 academic term.  The program is for one year in duration and non‑renewable.  The CCI Team in the U.S. has also made final decision on your assignment to one of the community college participated in the program.
  
You will be placed in a community college under the Community College Consortium (CCC), as the consortium which assigns colleges to host this program in the US. Below is the details on your placement including information on host institution where you will participate in the Community College Initiative Program.
  
College/Host Institution:  Mesa Community College (Mesa, Arizona)
Expected US Arrival Date:  July 15, 2017

Expected US Departure Date:  May 14, 2018
 
*Please note that your travel date will also subject to your US visa issuance. The Consortium through AMINEF will provide the exact departure dates/ times, and we will make travel arrangements and send itineraries for your review. 

Akhirnya setelah melewati penantian yang panjang dan menguras perasaan, email yang dinantikan datang juga. Kalau sudah menerima email ini berarti sudah dipastikan bahwa sahabat SH terpilih sebagai salah satu kandidat yang mewakili Indonesia dalam CCI Program untuk berangkat ke AS. Akan tetapi ini belum final, karena sekalipun email ini sudah diterima, keputusan akhir ada pada U.S. Embassy atau Kedutaan Besar AS yakni mengenai Visa sahabat apakah dikeluarkan atau tidak. Pengalaman penulis dan beberapa cerita dari kandidat terpilih yang lain, ada yang permohonan visa mereka ditolak oleh pihak kedutaan.

7. Pre Departure Orientation (PDO)
Highlight hijau merupakan informasi yang penulis copy dari email yang penulis dapat.


MEMORANDUM

TO:                         Mr. Robertho Yohanis Monim​

FROM:                                                                                 

DATE:                    May 17, 2017

SUBJECT:              2017 Community College Initiative Program (CCIP) Pre-Departure Orientation (PDO) in Bogor, on May 21-25, 2017. 

We are happy to inform you that the preparation for the 2017 Community College Initiative Program (CCIP) Pre-Departure Orientation (PDO) in Bogor, on May 21-25, 2017 is reaching finalization.  This event is designed to prepare you better for your upcoming study and life in the U.S.  You will meet with the other CCIP grantees to get to know one another with the eventual objective to establish the CCI program networking opportunities. In addition, you would learn from the alumni and the representative from the Community College Consortium about their perspectives/experience on the topics discussed.  We are hoping that this program would make it easier for you to adjust to the new academic and social environment in the U.S. You must attend all sessions in this orientation.

Please read the following important information on the PDO:

1.   DATES AND VENUE OF THE PDO

Dates:             May 21-25, 2017
Site:                 Aston Hotel, Bogor
Address:         The JUNGLE - Bogor Nirwana Residence
                         Jl. Dreded Pahlawan 16132, Bogor, West Java
Phone:          (0251) 8200300

Attached is the program schedule for your record.

2.    ROOM ARRANGEMENT

Double occupancy.  All participants must stay in the Aston hotel, Bogor. You will check in your room on May 21 and check out May 25 (4 nights). Please note that you are NOT allowed to bring your children/spouse/parent/friend to stay with you at the hotel during the event, since you will be sharing the room with another participant. Hotel check in is at 14:00 and check out is at 12:00. If you wish to occupy the guest room before 14:00, you must reserve it for a night prior to the arrival date. Also, if you check out after the official check out time, 12:00, you will be charged for additional night under the daily room rate. AMINEF will not be responsible for these expenses.

3.    ORIENTATION PACKAGE

AMINEF will provide an orientation package consisting of a backpack, polo shirt, memo pad, pen and documents from the Consortia containing supporting materials for the PDO. The package will be distributed upon check in to the hotel. You will only receive one package and an additional extra package will not be given in most cases. Please be reminded to ask the hotel receptionist for the orientation package upon check in.

4.     ATTIRE

Please follow the attire convention below:

1.      1. Opening Session and Orientation on May 22: Formal Attire (Batik or formal suit)
2.      2. PDO Dinner on May 22: Traditional Outfit
3.      3. Orientation on May 23: Smart casual  (no T-shirt is allowed, polo shirt is still acceptable)
4.      4. Team Building and Leadership Activities on May 24: AMINEF T-Shirt

5.     FLIGHT AND TRANSPORTATION ARRANGEMENT 

Your roundtrip flight ticket will be arranged by PT Freeport Indonesia. Please contact Bu Ani Akiriwapea or Bu Maria Kemong at aakiriwa@fmi.com or mkemong@fmi.com for the arrangement.

Please stand by at the lobby hotel of Ibis Budget Hotel Airport on Sunday May 21 at 1:00 p.m., the bus will pick you up.

If you miss the bus or decide to take other mode of transportation without notifying AMINEF staff, you will need to arrange for your own transportation to the Hotel Aston in Bogor without being reimbursed and also pay for the cost of the bus arranged by AMINEF as a penalty (IDR 300,000).

6.         TRAVEL ALLOWANCE

AMINEF will grant you a standard allowance of IDR 300.000 for your travel allowance for participants who live outside of Jabodetabek and West Java area which will be processed after your full participation of PDO. For this purpose, kindly provide the following information:
Account Holder Name:
Name of Bank:
Account Number:
Address/Branch of Bank:

7.    DOCUMENTS TO BRING

a.  Photo for U.S. Visa Requirement
All grantees are required to bring two printed photos (5 cm x 5 cm) for visa interview. Attached is photo requirement for your record.

b.  DS160 Confirmation Sheet

8.         CULTURAL PERFORMANCE

Each group MUST have a cultural performance during PDO Dinner on May 22, 2017. You will be assigned to a group for having this performance, please find attached the information of your group members and your cultural performance assignment. You will need to discuss among yourself for making the best performance.  

9.    AMINEF AND GRANTEES RESPONSIBILITIES

All grantees are required to attend each session of the PDO. Failure to attend one or several sessions will result in disbursing the cost of a one day full meeting package of the hotel. Those who fail to show up completely after confirming to attend the orientation will have to pay for the transportation, accommodation and meeting packages, unless there is a force majeure incident. If you are unable to participate in the orientation either whole sessions or partially, you must notify AMINEF staff before May 15 regarding your situation.

AMINEF will provide your accommodation and meals during the PDO dates above; excluding room service, mini bar, laundry,  parking, long distance and domestic phone call charges, any extension to the original reservation, any extra personal charges, and damage to the location through wilful neglect or abuse by the guests requiring in the judgement of Aston Hotel or its representatives, replacement, repair and extra cleaning.  Please settle the account of personal expenses or any of these expenses prior to leaving the hotel. If you wish to stay longer, you have to cover the expenses on your own and directly inform the hotel management.


Thank you.

8. Interview Visa
Interview visa dilakukan keesokan hari setelah PDO pada tanggal 26 Mei 2017, di kantor U.S. Embassy, Jakarta. Untuk interview visa, sahabat SH tidak perlu khawatir karena untuk semua proses menuju interview akan dibantu oleh staff AMINEF dan pengambilan visa akan dilakukan oleh mereka. Sahabat hanya perlu mempersiapkan diri saja. Walau proses masih panjang untuk sampai ke tahap ini, untuk antisipasi, banyak baca saja mengenai informasi di internet tentang interview visa di kedutaan besar Amerika Serikat. Lebih lanjut baca di sini. Wawancara US Visa_Jakarta.

Note: Akan ada pertanyaan-pertanyaan dari interviewee di Kedubes AS, pastikan sahabat mempelajari dan mengetahui tujuan saudara ke Amerika dan menjelaskannya dengan jelas. Karena apabila visa sahabat ditolak atau tidak dikeluarkan maka otomatis saudara tidak bisa mengikuti program ini.

9. Prosedure Pembookingan Tiket
Untuk proses pembookingan tiket, sahabat akan dihubungi via email oleh staff AMINEF. Harap membaca semua prosedur dengan baik mengkonfirmasi secepatnya guna proses pembookingan mengingat sahabat harus tiba di US sesuai dengan tanggal yang ditentukan. Sahabat tidak perlu  membooking tiket sendiri karena ongkos tiket akan ditanggung oleh pihak AMINEF. Untuk keterangan lebih bacalah petunjuk ini. Travel Procedures.

10. U.S. Departure
Puji Tuhan, setelah melewati sebuah proses yang panjang, hal yang tidak pernah terbayangkan akhirnya datang juga. Setelah sahabat sudah memastikan tiket dengan benar dan telah dikonfirmasi oleh pihak AMINEF, sahabat hanya tinggal mempersiapkan diri untuk keberangkatan. Baik bagi sahabat apabila sahabat mempersiapkan barang-barang bawaan sahabat sebulan sebelum keberangkatan untuk ketelitian. Tidak perlu bawa barang yang banyak, seperlunya saja karena kebuthan-kebutuhan seperti alat mandi, buku tulis dan lain- lain dapat dibeli di sana.
Pada tanggal 15 Juli, 2017, penulis berangkat dari Jakarta menuju Arizona, Amerika Serikat. Penulis melalui beberapa bandara internasional diantaranya Hongkong dan Los Angeles dan tujuan akhir adalah Sky Harbor-Phoneix., Arizona.


Dengan tidak mengangkat dan memuji diri ataupun sombong, penulis mengucapkan banyak berterima kasih kepada setiap mereka yang mendukung penulis baik secara finansial maupun motivasi untuk sampai di sini. Tuhan Yesus senantiasa memberkati kalian semua.
Masukan dan saran sangatlah dibutuhkan guna memperbaiki penulisan blog ini kedepannya dan jika sahabat merasa blog ini sangat membantu, silahkan dishare (bukan copy-paste) kepada sahabat-sahabat SH yang lainnya. Apabila sahabat ingin berkomunikasi lebih lanjut silahkan hubungi penulis di sini atau pertanyaan secara pribadi di email: roberthomonim@gmail.com or Facebook.
Jangan lupa follow my instagram juga: @8312th0_120m0

Silahkan untuk mengunjungi website sahabat-sahabatku juga.
Semarang: Trirudyanto's Blog
Kupang: Junita Diding
Palu: Reski Sululing 
We are glad to help and share this information to you too.

7 komentar:

  1. halo mas,
    saya berencana ikut CCIP tahun ini, untuk syarat TOEFL harus ITP atau boleh yang prediction. Sebab, saya baca tes selanjutnya setelah administrasi adalah tes wawancara dan TOEFL ITP.
    terimakasih, salam kenal

    BalasHapus
  2. Iya mas, menurut pengalaman saya, syaratnya TOEFL ITP yg masih berlaku 2 tahun.
    Test TOEFL ITP akan diadakan lagi. Skor ini mnjd milik AMINEF.
    Sama2. Semoga membantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam mas, Saya mau tanya untuk copy tes hasil TOEFL apakah bisa fotocopy biasa, karena yang saya dengar-dengar kalau Score TOEFL tidak bisa di copy. Solusinya gimana?

      Terima kasih, salam dari Timur..

      Hapus
  3. Ini pasti temenya trirudyanto...😆😆

    BalasHapus
  4. Sands Casino: Online Casino | Play at Las Vegas' Best
    Sands Casino offers 제왕카지노 a wide range of online casino games including septcasino Blackjack, Roulette, Craps, Video Poker, 바카라 Video Poker, Texas Hold'em,

    BalasHapus
  5. Top 5 Indian Casinos & Slots in India 2021 - Casino Sites
    Find the best Indian casinos, slots games, live dealer games, 쪽박 걸 free bonuses, promotions 먹튀사이트 and 토토 커뮤니티 much bet more. All 해외사이트 Indian casinos offer players a

    BalasHapus
  6. The Best Casino Games - DrmCD
    Free slots are the 경주 출장안마 biggest ever games in a casino game. 동해 출장샵 These 목포 출장마사지 games have different rules and special bonus game modes, the ‎Mobile Casino 익산 출장안마 Games · ‎Mobile Bonuses 김제 출장샵 · ‎Mobile Casino Bonuses

    BalasHapus